Sunday, August 12, 2018

Apa itu Personal Pronoun (Kata-kata Ganti)?

Yang menjadi pembahasan utama kita kali ini ialah: 


Apa itu Personal Pronoun (Kata Ganti)?
Apa itu Personal Pronoun (Kata-kata Ganti)?

Jawabannya, kata ganti adalah kata yang digunakan untuk menggantikan nama makhluk hidup atau benda.

Ya, kira-kira seperti itulah teman-teman.

Tapi, sebelum kita melangkah ke pembahasan utama kita kali ini saya ingin memastikan dulu apa pembahasan kita yang kemarin.

Apakah kamu sudah baca? Nih, yang belum silahkan merujuk kembali di sini yaitu Apa itu Basic Article Dalam Bahasa Inggris

Dan kata ganti (personal pronouns) ini memiliki 5 unsur sebagai berikut:
  1. Subject = pelaku.
  2. Object = yang menerima perlakuan ( penderita ).
  3. Adjective = pemilik.
  4. Possessive = pemilik juga.
  5. Reflexive = diri, sendiri / diri sendiri.
Baik mari kita melangkah ke pembahasan ke lima unsur itu.


1. Subject (Pelaku)


Subject adalah kata ganti (personal pronoun) yang di gunakan untuk menggantikan nama pelaku utama.

Contoh kata ganti subject:

  1. I = saya.
  2. You = kamu.
  3. We = kita.
  4. They = mereka.
  5. He = dia (laki-laki).
  6. She = dia (perempuan).
  7. It = itu (benda).

Coba kamu dengarkan melalui kamus androidnya, Okay?

Contoh dalam kalimat:
  1. I give him abook = saya memberi dia buku.
  2. You give her a book = kamu memberi dia buku.

2. Object (Yang Menerima Perlakuan)

Object adalah kata ganti (personal pronoun) yang di gunakan untuk mengganti nama penderita, korban atau penerima, dan di letakkan setelah kata kerja kata kerja atau kata depan.

Contoh kata ganti object:
  1. Me = saya.
  2. You = kamu.
  3. Us = kami.
  4. Them = mereka.
  5. Him = dia (laki-laki).
  6. Her = dia (perempuan).
  7. It = it (benda).
Contoh kalimat:
  1. He give me a book = dia memberi saya sebuah buku. 
  2. He give us a book = dia memberi kami sebuah buku.

3. Adjective (Pemilik)

Adjective adalah kata ganti (personal pronoun) yang digunakan untuk menunjukkan kepemilikan, kepunyaan dan diletakkan sebelum kata benda.

Contoh kata ganti adjective:
  1. My = saya.
  2. Your = kamu.
  3. Our = kami.
  4. Their = mereka.
  5. His = dia (laki-laki).
  6. Her = dia (perempuan).
  7. Its = itu (benda).
Contoh dalam kalimat:
  1. This is my book = ini buku ku. 
  2. This is your book = ini buku-mu.

4. Possessive
Possessive adalah kata ganti (personal pronoun) yang digunakan untuk menunjukkan kepemilikan juga.

Tapi, bedanya tidak diikuti kata benda.

Jadi, dengan kata ganti ini pembicara tidak perlu menyebutkan benda yang sedang ia bicarakan.

Contoh Possessive:
  1. Mine = saya.
  2. yours = kamu.
  3. ours = kami.
  4. theirs = mereka.
  5. his = dia (laki-laki).
  6.  hers = dia (perempuan).
  7. its = itu (benda).
Contoh dalam kalimat:
  1. This is mine = Ini punya saya, 
  2. This is yours = ini punya anda.

5. Reflexive
Reflexive adalah kata ganti (personal pronoun) yang digunakan untuk mengganti pribadi makhluk hidup maupun benda (diri sendiri).

Contoh Reflexive:
  1. Myself = saya sendiri.
  2. yourself = kamu sendiri. 
  3. ourselves = kita sendiri.
  4. themselves = mereka sendiri.
  5. himself = dia (laki-laki) sendiri. 
  6. herself = dia (perempuan) sendiri.
  7. itself = itu sendiri.
Contoh dalam kalimat: 
  1. I bought it myself = saya sendiri yang membelinya. 
  2. Enjoy yourself = bebaskan dirimu sendiri.
Terimakasih mudah-mudahan apa yang sempat saya uraikan di sini dapat membantu taman-teman begitu-pun dengan diriku sendiri.


EmoticonEmoticon